Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MA’RIFATUL ISLAM

Agama dalam bahasa arab disebut sebagai Ad-dien yang artinya menguasai, ketaatan, dan balasan. Ad-dien menurut Al-Quran Dienullah ada dua yaitu sebagai berikut,
·         Dienul Islam, yaitu Dinullah yang dibawa oleh semua Rasul dan nabi untuk keselamatan manusia. Disebut juga dengan dienul haq atau dienul samawi.
Allah berfirman: “Dia-lah yang mengutus rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang haq agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.”(QS AL-Fath:28)
·      Dienul Ghoiru Dienullah, yang bukan dari Allah. Jumlahnya lebih dari satu yang merupakan hasil rekayasa pikiran manusia biasa. Disebut juga dengan agama budaya atau dienul ardli. Ciri-ciri Dienul ardli:
1.      Tumbuh dalam masyarakat.
2.      Tidak disampaikan oleh rasul Allah.
3.      Umumnya tidak memiliki kitab suci, walaupun ada sudah mengalami perubahan-perubahan dalam perjalanan sejarah.
4.      Konsep ketuhanannya adalah Dinamisme, Animisme dan Politheisme.
5.      Ajarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan masyarakat penganutnya.
Misalnya, Semboyan negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Namun, semboyan ini berlaku untuk hal budaya, tidak berlaku dalam urusan agama. Sehingga jangan dicampur-adukkan dengan urusan akidah agama.
Makna islam dari bahasa Arab yaitu Aslama yang berarti tunduk, patuh, taat, berserah diri. Juga berasal dari kata As-Silm yang artinya perdamaian, kerukunan, dan keamanan. Islam diambil dari kata As-Salam, artinya selamat, sejahtera dan bahagia. Serta Islam juga diambil dari kata Saliimun, artinya suci dan bersih.
Cara mengatasi cinta dunia:
1.      Rumus tukang parkir.
2.      Ada, tak menjadi ujub takabbur.
3.      Sedikit, tak menjadi minder.
4.      Kepada yang lebih, tak mendengki.
5.      Kepada yang kurang, tak meremehkan.
6.      Mencari selalu terjaga kejujuran.
7.      Selalu siap diambil pemiliknya.
“Sholatlah tepat waktu, jika ingin bahagia maka sholatlah!. Dengan sholat, maka hati akan damai dan tenang.” Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. AL-Baqarah: 153)


Pesan-pesan penting:
ü  Perhatikan kata “yesterday” tidak memiliki huruf “o”, sedangkan kata “today” memiliki satu huruf “o”, dan kata “tomorrow” memilki tiga huruf  “o”. Sehingga jangan pernah disesali apa yang telah terjadi kemaren karena kita tidak memilki kesempatan untuk merubahnya, tetapi berusahalah semaksimal mungkin untuk hari ini karena ada satu “o” yaitu satu opportunity sebagai langkah awal esok hari yang memilki opportunity yang lebih besar untuk meraih kesuksesan.

ü  Hendaknya sebagai muslim kita harus mensyukuri segala nikmat yang  telah Allah berikan kepada kita, karena barang siapa yang mensyukuri nikmat Allah, maka Allah akan menambah nikmat kita.

Oleh : Drs. Soehardjoepri, M.Si

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

Blogger news