Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAKNA IBADAH

Ibadah
Ibadah berasal dari kata “Abida” yang menurut bahasa (etimologi) artinya tunduk dan merendahkan diri. Secara istilah, ibadah adalah segala sesuatu yang disukai dan diridhai Allah, baik perkataan maupun perbuatan. Ada dua macam ibadah yaitu,
1.      Ibadah Maghdhah, ibadah yang aturan dan tata caranya baku atau sudah ditentukan. Contoh : sholat, puasa, haji.
2.      Ibadah Goiru Maghdhah, ibadah yang aturan dan tata caranya tidak baku atau tidak ditentukan. Contoh : shodaqoh, menyingkirkan batu dijalan, berdagang, dll.
Dalam  beribadah juga terdapat kriteria lulus atau tidaknya ibadah kita yaitu berdasarkan kadar keikhlasan kita kepada Allah serta Mutaba’ah Rasullah. Kesalahan dalam beribadah yang tidak dicatat yaitu jika tidak sengaja, lupa, dengan terpaksa, tertidur, dan pingsan.
Pesan-pesan penting:
ü  Pertanyaan: Bagaimana kriteria seorang pemimpin yang harus dipilih, misalkan ada dua kandidat calon pemimpin. Kandidat pertama adalah sosok yang jarang sholat tapi punya kecakapan dalam memimpin. Sedangkan kandidat yang kedua adalah sosok yang taat beribadah namun tidak memiliki kecakapan dalam memimpin?
Jawab: Kriteria pemimpin yang harus dipilih:
1.      ia harus seagama (islam).
2.      harus memiliki kecakapan dalam memimpin.
Dosa seorang pemimpin yang paham agama namun ia melanggar syarat-syarat sebagai seorang pemimpin adalah lebih besar yaitu menanggung dosanya sendiri kepada Allah dan dosa kepada rakyatnya. Maka hendak yang dipilih adalah yang memiliki kecakapan dalam memimpin dan lebih baik lagi jika ia juga paham dalam agamanya.

ü  Menuntut ilmu adalah bentuk suatu ibadah kepada Allah dan mendatangkan pahala bagi siapa saja yang melaksanakannya. Namun jika dalam menuntut ilmu tersebut dibarengi dengan kebathilan seperti melakukan kemaksiatan, maka yang haq itu tertutupi oleh yang bathil sehingga sia-sia ibadahnya.
Oleh : Ust. Amin Sukroni

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

Blogger news