Diberdayakan oleh Blogger.

Laporan Perjalanan Study Tour

LAPORAN PERJALANAN STUDI TOUR
KE PULAU DEWATA BALI
( tanggal 24 April s.d. 28 April 2012)
 Disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah setelah melaksanakan studi tour

Penyusun :
1.    Ayu Purwanti         (05)
2.   Choriah M.K           (08)
3.   Dhani Ratika           (12)
4.   Eva Dwi J               (16)
5.   Siswo Prayudha      (31)

SMA N 1 MEJAYAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KATA PENGANTAR
       Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha  Pemurah dan Pengasih yang telah melimpahkan nikmat,karunia,dan hidayah-Nya sehingga Laporan Perjalanan Studi Tour Ke Pulau Bali ini dapat tersusun.
Kami sadar bahwa tanpa bantuan dari segenap pihak, Laporan Perjalanan Studi Tour Ke Pulau Bali ini tidak akan dapat terwujud. Oleh karena itu , kami sampaikan ucapan terimakasih kepada
  1.  Bapak Agus Supriyanto ,selaku  kepala SMAN 1 Mejayan .
  2. Ibu Ketri W , selaku guru Bahasa Indonesia yang telah membantu terselesaikannya LaporanPerjalanan Studi Tour ini
  3. Semua pihak yang telah memberi saran dan dorongan positif untuk kebaikan Laporan Perjalanan Studi Tour Ke Pulau Bali ini.
Kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa karya tulis ini jauh dari kesempurnaan. Oleh, karena itu, saran dan berbagai kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan guna untuk menyempurnakan karya tulis kami.
Akhirnya semoga makalah ini dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca.

Mejayan,   16  Mei 2012

Penyusun

DAFTAR ISI

Kata Pengantar................................................................................................................ i
Daftar Isi.......................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan.......................................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang........................................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah            ..................................................................................................... 1
1.3  Tujuan........................................................................................................................ 2
Bab II Isi........................................................................................................................... 3
2.1 Persiapan.................................................................................................................. 3
2.2 Perjalanan................................................................................................................. 5
2.3 Objek yang di kunjungi.............................................................................................. 9
2.4 Diskripsi..................................................................................................................... 9
Bab III Penutup................................................................................................................ 15
3.1 Kesimpulan................................................................................................................ 15
3.2 Saran.......................................................................................................................... 15

Bab I
Pendahuluan

I.1. Latar belakang
            Mungkin sepengetahuan kita, belajar hanya di sekolah dan hanya mengajarkan teori teori saja tidak banyak dalam penerapannya. Bersamaan dengan perkembangan pariwisata di negara kita terutama peninggalan– peninggalan bersejarah yang tersebar di seluruh indonesia menjadi salah satu alasan diadakannya studi tour. Studi tour merupakan suatu agenda rutin tahunan yang diselenggarakan SMAN 1 Mejayan. Sekolah kami tahun ini memilih Malang - Bali untuk studi tour. Latar belakang dipilihnya Bali sebagai tempat studi tour yaitu sesuai dengan progam kerja OSIS SMAN 1 Mejayan sekbid 3, berdasarkan suara terbanyak yang telah dilakukan oleh siswa siswi di SMAN 1 Mejayan.
Bali merupakan tempat wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotik. Tak ketinggalan pula adat istiadat, kebiasaan, kebudayaan serta agama masyarakat Bali yang unik dan berbeda dengan masyarakat Indonesia umumnya. Di samping itu, wisata bahari yang sangat indah memberi daya tarik yang begitu tinggi. Kunjungan ke Universitas Brawijya ini dapat menambah wawasan siswa mengenai hal hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi sebagai bekal setelah lulus SMA. Studi tour ini dapat menghilangkan kepenatan selama dua tahun di SMA mengikuti kegiatan belajar sehingga tour ke Bali akan mengembalikan semangat dan kebugaran kami.
I.2 Rumusan Masalah
1.      Bagaimana persiapan yang dilakukan sekolah dan para siswa dalam menyambut Studi Tour ke Bali ?
2.      Bagaimana perjalanan yang dilalui para siswa yang melakukan Studi Tour ?
3.      Apa saja objek wisata yang dikunjungi selama Studi Tour?
4.      Bagaimana diskripsi dari setiap objek wisata yang dikunjungi ?

I.3 Tujuan
Kegiatan studi wisata yang telah dilakukan bukan hanya sekedar untuk jalan-jalan tanpa tujuan, melihat status kami sebagai seorang pelajar kami berusaha mengambil ilmu yang ada dalam prosesnya.Dengan latarbelakang di atas, Study Tour yangdilaksanakan mempunyai tujuan :
1.      Menambah pengetahuan siswa tentang hal hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi sebagai bekal setelah lulus SMA .
2.      Menambah pengetahuan siswa mengenai obyek wisata yang ada di indonesia khususnya di pulau Bali
3.      Menghilangkan penat selama belajar di sekolah dan menambah pengalaman dalam hidup kita.

BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN

2.1 Persiapan
      Studi tour SMAN 1 Mejayan dilaksanakan pada tanggal 24 April – 28 April 2012. Banyak diantara kami yang disibukkan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan unttuk studi tour. Selain para siswa, panitia studi tour dan sekolah juga disibukkan dalam pencarian Biro dengan pelayanan yang memuaskan. Dan akhirnya setelah melakukan beberapa kali rapat MPK dan tidak ada tawaran dari Biro lain, SMAN 1 Mejayan memutuskan memakai Biro Mentari Gesang Abadi (MGA) yang sebelumnya pernah dipakai SMAN 1 Mejayan 2 tahun belakangan ini.
      Hal pertama yang dilakukan berkaitan dengan studi tour ke Malang - Bali yaitu pendataan para siswa yang mengikuti ke Malang atau ke Bali. Sekolah menyiapkan 6 bis dimana satu bis untuk siswa yang ke Malang. Dari 5 bis, para siswa yang ke Bali berhak memilih bis sesuai dengan keinginan mereka, dengan catatan harus membayar lunas secepatnya sebesar Rp.615.000,00 ke bendahara OSIS. Selanjutnya setelah pendataan bis, dilakukan pendataan kamar berkaitan dengan penginapan di Bali selama 3 hari 2 malam, dimana satu kamar berisikan 4 orang.
      Berkaitan dengan kunjungan  ke Universitas, para siswa diberi pilihan ke UNAIR atau UB dan banyak dari mereka memilih UB (Universitas Brawijaya). Mengenai fakultas yang dikunjungi di UB, panitia dan berdasarkan minat serta voting dari para siswa kelas XI diputuskan mengunjungi 4 fakultas yaitu fakultas pertanian, fakultas teknik, fakultas sastra,dan fakultas ekonomi.
2.2 Perjalanan
      Berdasarkan pengarahan dari Biro siswa diwajibkan berkumpul di sekolah pukul 01.00 WIB.Sesampainya di sekolah siswa  memasuki kelas sesuai dengan busnya masing-masing untuk dilakukan pengabsenan sembari menunggu siswa yang belum hadir.Pukul 02.30 kami pun berangkat menuju ke Universitas Brawijaya.Di bus beberapa diantara kami mengisi waktunya dengan tidur,bernyanyi,makan,bercanda dan masih banyak lagi yang lainnya.Waktu menunjukkan pukul 04.00 dan kamipun berhenti di masjid Agung Pare untuk melaksanakan sholat shubuh.Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju UB kira kira membutuhkan waktu 4 jam untuk tiba disana.
      Sesampainya di UB pukul 08.00 WIB dan panitia pun bergegas mengumpulkan siswa sesuai dengan fakultas yang dipilihnya. Setelah  itu semua siswa menuju fakultas yang dipilihnya sesuai dengan arahan dari pihak UB.Setelah cukup lama mendengarkan presentasi dari pihak UB yang memberi pengarahan,tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 yang berarti kita harus meninggalkan UB dan melanjutkan perjalanan ke Bali dan yang ke malang sudah meninggalkan UB sejak sejam yang lalu untuk meneruskan perjalanan ke jatimpark dan alun alun kota malang.
      Selama meneruskan perjalanan ke bali kami pun berhenti untuk makan siang di rumah makan depot Surabaya sembari melakukan sholat dan untuk makan malam,sholat,mandi dan melakukan aktivitas lainnya kami singgah di rumah makan Utama Raya.Pukul 19.00 kami pun melanjutkan perjalanan menuju ke pelabuhan ketapang. Pukul 22.30 WIB kami tiba dan pukul 24.00 WIB kami menyebrangi selat bali. Pada saat di kapal beberapa diantara kami berkeliling kapal,merasakan semilir dinginnya angin laut,sekedar duduk duduk melepas lelah,dsb.
      Tidak terasa setengah jam di kapal telah kami lalui dan kamipun tiba di pelabuhan gilimanuk pukul 01.30 WITA.Selanjutnya kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat wisata pertama kami di Bali yaitu Tanah Lot Ssesampainya di parkir bis tanah lot kami mandi,sholat,ngecharge hp,dsb. Pukul 07.00 WITA kami menuju ke tanah lot. Disana kami menikmati panorama pantai yang begitu mengagumkan dan deburan ombak yang ikut menyemarakan indahnya pagi. Selanjutnya kami makan pagi di tempat yang tak jauh dari tanah lot.
Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke obyek wisata selanjutnya yaitu Tanjung Benoa. Tanjung Benoa terkenal dengan olah raga air  yang sangat mengasikkan. Olah raga air yang bisa dinikmati di sini diantaranya adalah jetski, parasailing,banana boatscuba divingsnorkeling , Glassbottom plus kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) dan Flying Fish.
      Banyak diantara kami pergi ke pulau penyu. Untuk menuju pulau penyu kami menyewa kapal, selama perjalanan kita bisa melihat karang dan ikan laut yang cantik melalui kaca yang terpasang di  kapal. Tak lama kami di Tanjung Benoa, kami lalu melanjutkan perjalanan ke pantai dreamland. Pantai Dreamland ini merupakan surganya surving bagi para wisatawan asing maupun lokal, cuaca yang sangat panas disana sangat disukai wisatawan asing. Banyak wisatawan asing yang berjemur dibawah teriknya matahari siang itu. Sedangkan wisatawan lokal sendiri malah sibuk mencari dan berteduh di daerah yang teduh.
      Tak membuang waktu, kami melanjutkan perjalanan ke Garuda Wisnu Kencana (GWK). Direncanakan  disini akan didirikan  sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda direncanakan pula  patung Garuda Wisnu Kencana ini nantinya akan berukuran lebih besar dari patung liberti. Dengan ukiran yang sangat bagus  tersusun secara apik , patung Garuda Wisnu Kencana ini memiliki nilai estetika yang tinggi.
      Pukul 18.00 WITA kami melihat pertunjukkan kolaborasi tari kecak khas Bali. Keluesan dan kepawaian para penari membuat kami tak ingin beralih pandang. Sungguh tarian yang sangat menawan. Pertunjukkan berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam.
      Setelah seharian ini kami berkunjung ke beberapa objek wisata, acara selanjutnya kami chek in di hotel nusa indah. Sesampainya disana banyak diantara kami yang langsung istirahat, dan  melakukan aktivitas lainnya.
      Hari kedua di Bali kami melanjutkan tour ke beberapa objek wisata lainnya dan beberapa pusat oleh oleh. Pagi itu kegiatan dimulai dengan mengunjungi museum Bajrasandi. Bangunan museum yang menyerupai candi dan dihiasi ukiran ukiran apik khas Bali ini menyimpan beberapa informasi tentang sejarah Bali baik kehidupan sosial maupun budaya masyarakatnya dan dilantai paling atas kita bisa melihat sebagian kota denpasar dari ketinggian. Disini kami bisa belajar banyak dan  mengetahui tentang bali dan melihat beberapa peninggalan sejarah yang ada.
      Kurang lebih setelah satu jam kami disana kami melanjutkan perjalanan ke pantai Sanur, pantai yang terletak di timur Bali. Kebetulan sekali ketika sesampainya kami disana tengah ada suatu upacara, sehingga kami tak lama disana. Sebagian diantara kami ada yang menikmati keindahan pantai sanur dengan bersepeda ada juga yang duduk  manis di bawah pohon menikmati deburan ombak, semilir angin pantai, dan cuaca terik pantai.
      Perjalanan dilanjutkan ke Rumah Galuh sebuat tempat yang khusus menyediakan batik selain itu juga terdapat rumah adat Bali yang terdapat di belakangnya. Kemudian kami pergi ke pusat oleh oleh kacang bali. Disana kami berbelanja oleh oleh khususnya yang berkaitan dengan kacang dan ada juga makanan khas bali lain yang dijual di tempat tersebut. Setelah kami memperoleh oleh oleh yang kami inginkan kami makan siang di pusat oleh oleh kacang bali. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke pasar seni sukowati, disana banyak menjajakan hasil karya seni masyarakat Bali. Disana kami berbelanja beberapa oleh oleh baik berupa baju, atau hasil karya seni entah lukisan maupun tongkat atau yang lainnya. Penawaran harga di tempat ini sangatlah tinggi. Untuk itu kita harus pandai pandai menawar harga agar tidak terjadi penyelesalan diakhirnya. Beberapa diantara kami ada yang menyesal membeli barang di pasar ini karena dia mendapatkan harga yang lebih tinggi alias gagal menawar.
      Tak mau berlarut dalam  kesedihan , kami bergegas melanjutkan perjalanan ke pantai Kute. Sangat disayangkan kami tidak bisa melihat sunset di pantai kute karena kita dikejar waktu. Sekitar pukul 16.00 WITA kami sampai tempat parkir bis selanjutnya kami harus naik kendaraan seperti angkot untuk menuju ke Pantai Kute sesampainya disana kami berhamburan pergi ke tepi pantai. Diantara kami ada yang bermain air, ada yang sekedar berfoto, ada yang menulis dipasir, ada yang  hanya menikmati panorama senja, ada yang wawancara dan berfoto dengan  bule, dsb. Suhu udara yang sangat hangat di pantai kute membuat kami betah  dan  tak ingin pulang. Tak heran pantai Kute menjadi objek wisata favorit di Bali baik untuk wisatawan asing maupun lokal.
      Sayang waktu tidak mendukung, kamipun harus bergegas kembali ke hotel karena pihak hotel mengadakan acara elektone. Setelah sampai di hotel kami istirahat dan mempersiapkan diri uuntuk acara selanjutnya yang diadakan  pihak hotel. Acara elektone  tersebut berlangsung meriah dan berakhir pukul 23.00 WITA. Karna sudah malam dan kami lelah setelah seharian melakukan tour, banyak diantara kami setelah acara elekton tertidur pulas di kamar.
      Hari terakhir di Bali, ingin sekali rasanya tinggal  lebih lama lagi di pulau Bali. Tapi tak terasa hari cepat berlalu sehingga kami harus meninggalkan pulau Dewata ini. Sebelum kami pulang kami berkunjung ke beberapa tempat. Diantaranya kami berkunjung ke Krisna (pusat oleh oleh Bali) disana kami berbelanja oleh oleh entah  itu baju, makanan khas, acesoris, atau alat alat rumah tangga lainnya.
Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Sangeh. Setibanya di sangeh kami disambut oleh sekawanan  kera liar. Sambil berlalu kami memasuki hutan, hutan yang begitu asri dan rindang menghiasi perjalanan kami untuk melihat pohon  lanang wadon. Setelah puas berkeliling kamipun melanjutkan perjalanan.
Kami singgah sebentar ke pusat oleh oleh yang sangat terkenal di Bali yaitu Jogger. Ruangan yang tak begitu besar menjadi kendala kami dalam berbelanja padahal kita tak punya banyak waktu. Yang terjadi adalah kami berdesakan dengan yang lain mencari baju atau yang lainnya, berebutan mengambil baju, dsb. Setelah selesai kami bergegas melanjutkan perjalanan ke danau bedugul. Di perjalanan bli tour guide setiap bis memberitahukan kepada kami bahwa akan ada pemeriksaan, untuk itu nanti kami harus menunjukkan KTA kepada petugas yang ciri cirinya sedikit galak dan mempunyai pabrik semen, bagi yang tidak membawa KTA harus bersembunyi agar tidak ketahuan. Tak ada keraguan dan pikiran apa apa, kamipun mematuhi perintah bli. Ketika kami melewati suatu wilyah kami disuruh bli untuk menunjukkan KTA kami, bergegas kami menunjukkan KTA kami kejendela bis dan yang tidak membawa KTA sibuk mencari tempat sembunyi, tak disangka kami telah dibohongi bli karna petugas yang dimaksud adalah patung seorang polisi yang berada di tepi jalan. Sontak tawa kami pecah saat itu. Bli meminta maaf kepada kami karna telah berbohong kepada kami. Bohongan yang dibuat bli ini bertujuan  untuk menghibur dan membuat suasana menjadi hangat. Tak lama kami sampai di danau bedugul, sesampainya disana kami melakukan aktivitas yang kami inginkan ada yang beerfoto, ada yang naik perahu, ada yang hanya sekedar duduk di tepi danau. Karena danau bedugul ini berada di daerah dataran tinggi, disini banyak penjual yang menjajakan buah segar hasil kebun. Setelah kami puas beraktivitas, kami harus bergegas melanjutkan perjalanan untuk kembali pulang ke pulau jawa. Kami kembali melewati perjalanan yang sangat panjang. Di dalam bis kami menghabiskan waktu untuk tidur sembari menunggu tiba di pelabuhan.
Sesampainya di pelabuhan kami naik ke kapal dan kami kembali menyebrangi selat bali. Di kapal ada yang duduk di kursi penumpang, ada yang menikmati suasana malam dan angin laut, ada yang bergabung dengan orkestra kapal sambil bersenandung riang menyanyikan lagu favorit.
Tak terasa kami sudah meninggalkan bali. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan selama studi tour di Bali. Sesampainya di pelabuhan Ketapang kami melanjutkan perjalanan dan mampir ke rumah makan chen chen. Tak buang banyak waktu disana setelah makan dan sholat kami bergegas melanjutkan perjalanan ke Madiun. Kami tertidur pulas di dalam bis sembari menikmati perjalanan. Diperjalanan kami juga mampir ke pusat oleh oleh tape  khas situbondo. Ada yang tetap tidur di dalam bis dan ada juga yang turun membeli tape.
Setelah  itu kami melanjutkan perjalanan. Kami sampai di caruban pukul 09.00 WIB. Di sekolah  wali murit telah menunggu untuk menjemput anaknya. Selanjutnya kami pulang ke rumah membawa oleh oleh dan ingatan ingatan manis selama studi tour ini.

2.3 Objek yang di Kunjungi
1)      Universitas Brawijaya
2)      Tanah Lot
3)      Tanjung Benoa
4)      Pantai Dreamland
5)      Garuda Wisnu Kencana (GWK)
6)      Museum Bajrasandi
14)  Danau Bedugul

2.4 Diskripsi
            1) TANAH LOT
Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan. Obyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pure Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset.
                2) Tanjung Benoa
Tanjung Benoa berada di ujung tenggara pulau Bali dan bertetanggaan dengan kawasan Nusa Dua. Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai.
Tanjung benoa menjadi tempat yang sangat cocok untuk kegiatan watersport atau olahraga air. Pantai di kawasan ini sangat tenang berbeda dengan di Kuta, Sanur atau Uluwatu sehingga menjandikan kawasan ini sebagai satu-satunya tempat untuk permainan-permainan menyenangkan ini.
                3)        Pantai Dreamland
Sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta.
Pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekedar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.
            4) Garuda Wisnu Kencana (GWK)
Di GWK ini merupakan taman wisata Unggaran Bali dan wisata patung GWK. Disana ada Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung Garuda yang sangat besar tinggi dan ukurannya 12m. oleh karena kita bisa melihat Kuta-Sanur, Nusa Dua, dan berbagaitempat wisata di Bali. GWK ini setiap harinya selalu dikunjungi oleh berbagai para wisata mulai dari dalam negeri sampai luar negeri. Patung GWK ini adalah patung sangat besar, terbuat dari campuran dan baja seberat 4000 ton dengan tinggi 75m dan lebar 60m. Patung ini terbesar di dunia sehingga mengalahkan patung Liberty.
5) Museum Bajrasandi
Museum Bajra Sandi Renon berada di Lapangan Niti Mandala Denpasar.Lapangan Niti Mandala itu merupakan jantung kota dari Denpasar Bali. Lapangan ini berada di pusat kota Denpasar, Ibukota dari Provinsi Bali. Lapangan  ini merupakan taman publik yang digunakan untuk aktivitas warga Denpasar. Setiap pagi dan sore kita bisa melihat orang yang berolahraga joging, sepakbola, maupun yang sekedar jalan-jalan dan menikmati kuliner yang ada di situ.

6) Pantai Sanur
Sebuah tempat  pelancongan pariwisata yang terkenal di pulau Bali. Tempat ini letaknya adalah persis di sebelah timur kota Denpasar, ibukota Bali. Sanur berada di Kotamadya Denpasar.Karena memiliki ombak yang cukup tenang, maka pantai Sanur tidak bisa dipakai untuk surfing layaknya Pantai Kuta.
Karena lokasinya yang berada di sebelah timur pulau Bali, maka pantai Bali ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise atau Matahari terbit. Hal ini menjadikan tempat wisata ini makin menarik, bahkan ada sebuah ruas di pantai Sanur ini yang bernama pantai Matahari Terbit karena pemandangan saat Matahari terbit sangat indah jika dilihat dari sana.
            7) Batik  Galuh
Galuh merupakan tempat batik dan aksesoris untuk oleh-oleh. Di Galuh, kami semua dapat memilih barang-barang dan berbelanja bermacam-macam jenis model khas Bali dan aksesoris yang menarik dan unik-unik.
Tempatnya yang luas dan banyak jenis barang yang bermotif batik banyak ditemukan di Galuh untuk oleh-oleh. Di dekat Galuh kita bisa menyaksikan tari Barong. Galuh terletak di desa Pariamnom, Batu Bulan, Gianyar, Bali.
            8) Pusat oleh-oleh kacang bali
Yang terkenal disini adalah Kacang Disco yang merupakan olahan tradisional yang berbahan baku dari kacang tanah di campur dengan tepung terigu, telur dan aneka bumbuan yang membuatnya menjadi cita rasa yang unik.
            9) Pasar Seni Sukowati
Tempat dijualnya barang-barang seni khas Bali sehingga cocok dijadikan oleh-oleh Bali untuk teman, saudara, atau sanak keluarga. Barang-barang yang dijual cukup menarik dan harganya pun miring. Mulai dari sandal manik-manik, celana pendek khas Bali,  pakaian,  batik,  tas, lukisan,  patung kayu, bed cover,  alat-alat rumah tangga sampai pernak-pernik dan perhiasaan dijual disini.
Bagi yang punya keahlian menawar, disini jangan takut menawar, penjual tidak akan marah kalau kita menawar dengan harga rendah.
            10) Pantai Kuta
Sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.
Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Rosovivo, Ocean Beach Club, Kamasutra, adalah beberapa club paling ramai di sepanjang pantai Kuta.
Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula.
            11) Alas Pala Sangeh
 Di Sangeh ini banyak kera yang tinggal disana. Dari kera asli Indonesia hingga kera dari mancanegara. Macam-macam kera di Indonesia umumnya berasal dari kecamatan Mangwi itu sendiri.
Luas Sangeh sekitar 10 ha.
Keunikan Sangeh :
- Tumbuhan pala hidup jika areal / luas 10 ha.
- Di tengah hutan ada sebuah Pura Bukit Sari
- Dihuni oleh ratusan kera
Jenis Kera :
- Wilayah Bukit Sari = Monyet Barat
- Wilayah Bukit Anyer = Monyet Tengah

12) Jogger
Jogger adalah salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Bali. Joger ini merupakan pabrik kata-kata yang unik, karena sangat menarik dan kreatif. Disana banyak sekali baju, aksesoris dan patung-patung katanya kalau turis-turis datang ke Bali enggak mampir ke Joger akan menyesal. Karena Joger sangat diminati para turis asing. Disana banyak sekali yang mengantri panjang banget demi masuk Joger. Walaupun harganya sangat mahal banget. Tapi para pengunjung berbondong-bondong untuk membeli barang-barang dari Joger.
            13 ) Danau Bedugul
Merupakan salah satu tempat/objek wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai. Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang paling dangkal.
Dalam sebuah area yang kurang lebih berdiameter 5 km, ada beberapa macam tempat yang nyaman buat dikunjungi. Dimulai dari Desa Bedugul sendiri, Kebon Raya, lalu Danau Beratan (danau terbesar kedua di bali), Pura Ulun Danu, sampai Pasar Tradisional. Kebon Raya yang ada disini lumayan luas.
Selain airnya segar, kita bisa sewa kendaraan air yang bisa dibawa sendiri atau sekalian disewa sama sopirnya. Kendaraan airnya sendiri beragam. Ada perahu dayung, perahu mesin sampe motor boat.

Bab III
Penutup

3.1  Kesimpulan
Studi tour ini bukan hanya ajang untuk berwisata tetapi kita juga belajar tentang sejarah, adat istiadat, budaya, dll dari masyarakat bali. Kita juga dapat mengetahui informasi informasi tentang perguruan tinggi sebagai bekal kita nantinya untuk melanjutkan sekolah. Laporan perjalanan ini digunakan sebagi pertanggung jawaban kami dalam melaksanakan study tour.
Kegiatan studi tour ini sebagai pengalaman dan kenangan kami selama duduk di bangku SMA. Selain itu juga dapat mempererat persahabatan antar satu siswa dengan siswa lainnya atau siswa dengan guru. Kegiatan ini juga melatih siswa bersikap bertanggung jawab, disiplin, jujur dan masdih banyak lagi lainnya.

3.2  Saran
Dalam pelaksanaannya diharapkan panitia melakukan persiapan yang sangat matang dan menghindari kemungkinan terburuk yang akan dialami. Dan memperketat penjagaan agar tidak ada siswa yang melanggar peraturan. Selain itu juga para siswa seharusnya lebih waspada, tanggap, disiplin dalam mengikuti kegiatan study tour ini.